Pantai Wediombo

Pantai memang menjadi destinasi wisata yang masih menarik bagi wisatawan sampai kapanpun, apalagi di Yogyakarta yang menjadi kota dambaan banyak orang. Kota yang memiliki label ‘kota pelajar’ itu memiliki banyak pantai yang tersebar di berbagai penjuru daerah, salah satunya di Gunungkidul. Sampai saat ini pantai yang masih banyak diincar di kota gudeg ini adalah Pantai Wediombo.

Wediombo bisa diambil dari Bahasa Jawa ‘wedi’ yang berarti ‘pasir’ dan ‘ombo’ yang berarti ‘luas’. Apabila diartikan, Wediombo berarti hamparan pasir yang luas. Bukan hanya dari namanya saja, pantai ini memang memiliki lokasi yang luas dibanding pantai lainnya di satu kawasan. Pantai ini terletak di kawasan Jepitu, Girisubo, Gunungkidul dan sekaligus menjadi pantai paling ujung dari pantai yang lain. Anda harus menempuh sekitar 2,5 jam perjalanan dari pusat kota Jogja dengan menggunakan jalur darat.

Harga Tiket Masuk di Pantai Wediombo

Untuk dapat mengakses area pantai ini dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,- untuk setiap orang. Apabila sudah sampai ke tempat parkir, Anda harus membayar tiket parkir Rp 3.000,- untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat. Anda harus berjalan melewati anak tangga apabila sudah sampai di tempat parkir, kurang lebih selama 15-20 menit dengan berjalan santai.

Rute Menuju Lokasi Pantai Wediombo

Banyak pilihan rute perjalanan bagi Anda yang ingin berlibur ke Pantai Wediombo, walaupun pantai ini terletak di paling barat Kabupaten Gunungkidul, pantai ini sering dijadikan tujuan bagi para wisatawan. Bukan hanya wisatawan domestic saja, namun Wediombo sudah menjadi banyak incaran wisatawan mancanegara karena lokasinya yang terkenal dengan hamparan batu karang, area yang luas, dan air laut yang sangat bening.
Berikut beberapa alternatif perjalanan yang dapat memandu Anda untuk bisa sampai ke Pantai Wediombo :
1. Jalur Utama, Yogyakarta-Wonosari-Desa Mulo ambil arah ke kiri-Jepitu ambil ke kanan-ikuti arah ke Pantai Wediombo
2. Jalur Alternatif 1, Jalan Wonosari-Mulo ambil arah lurus menuju Pantai Baron-pertigaan ambil ke arah Pantai Kukup-Tepus-Jepitu ambil ke kanan-ikuti arah ke Pantai Wediombo
3. Jalur Timur, Praci Wonogiri-Rongkop ambil ke arah Nglindur-Pasar Ngrancah ambil ke kanan-Jepitu ambil ke kiri- ikuti jalan lurus kea rah Pantai Wediombo
4. Rute Tengah, Semanu-Giripanggang-Cuelo-pertigaan lapangan ambil ke arah ke kanan-Pasar Jepitu ambil ke kanan-ikuti jalan ke Pantai Wediombo
Beberapa rute perjalanan tersebut bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin berlibur dan berwisata di Pantai Wediombo. Pastikan Anda sedang berada di daerah yang paling dekat dengan beberapa rute tersebut, jangan sampai justru Anda salah dalam memilih pilihan rute tersebut. Rute perjalanan melalui jalur alternatif memang cukup memakan waktu yang lebih banyak, disbanding ketiga rute lainnya.

Obyek Wisata di Pantai Wediombo :

1. Berenang
          Alasan yang paling utama untuk para wisatawan berkunjung ke Pantai Wediombo adalah pantai ini bisa digunakan untuk berenang dan mandi dengan menggunakan air kolam alami. Salah satu spot di area pantai ini memiliki sebuah kolam dengan air yang sangat jernih dan dibatasi dengan batu karang, seolah seperti kolam. Kolam ini menjadi tempat favorit para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Wediombo karena biasanya mereka berenang atau sekedar berfoto di kola mini.
2. Spot untuk hunting sunset

Batu karang yang berada di area pantai membuat pantai menjadi instagramable yang biasa dipilih untuk spot berfoto.  Selain itu, keindahan hamparan karang yang luas ini menjadi pantai yang tepat untuk hunting sunset atau sunrise. Batu karang yang luas di pantai ini membuat ombak di pantai ini terasa lebih kencang, jadi untuk Anda yang berfoto di area batu karang tengah pantai harus tetap berhati-hati.
3. Spot yang tepat untuk camping

Bukan hanya digunakan untuk berenang dan sebagai lokasi hunting sunset saja, namun pantai ini banyak dijadikan pantai favorit wisatawan untuk bercamping dengan teman-teman maupun sekedar berlibur dengan keluarga. Area tepian pantainya yang cukup luas biasa dimanfaatkan untuk camping dan mengadakan acara berapi unggun dengan teman-teman. Pantai Wediombo juga sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai seperti toilet, tempat ibadah, area parkir yang luas, dan pilihan banyak warung yang menjual aneka makanan olahan laut seperti kepiting, ikan-ikanan, hingga udang.